JUMLAH KEDIPAN |
PENYEBAB KERUSAKAN |
AKIBAT YANG DI TIMBULKAN |
1 KEDIPAN |
Sensor MAP (Manifold Absolute
Pressure) ·
Terjadi kerusakan pada sensor MAP dan tingkat kevakuman pada intake
manifold tidak stabil |
·
Akselerasi kurang baik ·
Mesin bekerja dengan normal,tetapi kurang tenaga pada putaran atas |
7 KEDIPAN |
Sensor ECT(Engine Coolant
Temperatur)atau sensor EOT(Engine Oil Temperature) ·
Sensor ECT atau rangkaiannya tidak berfungsi ·
Sambungan pada soket sensor ECT dan EOT terjadi Intermitten Failure
(putus sambungan) |
·
Sulit dihidupkan saat suhu rendah ·
Mesin cepat panas |
8 KEDIPAN |
Sensor TP (Throttle Position) ·
Sensor TP atau rangkaiannya tidak berfungsi ·
Kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor unit sensor |
·
Boros bahan bakar ·
Akselerasi tidak baik ·
Mesin sering mati |
9 KEDIPAN |
Sensor IAT (Intake Air
Temperature) ·
Sensor IAT atau rangkaiannya tidak berfungsi ·
Kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor unit sensor |
·
Akselerasi kurang baik ·
Mesin bekerja dengan normal,tetapi kurang bertenaga pada putaran
menengah |
11 KEDIPAN |
Sensor VS (Vehicle Speed)
atau kecepatan kendaraan ·
Sensor VS atau rangkaiannya tidak berfungsi ·
Kontak yang longgar atau tidak baik dari konektor sensor VS |
·
Indikator sepedo meter tidak berfungsi ·
ISS tidak berfungsi ( khusus untuk motor yang menggunakan ISS) |
12 KEDIPAN |
Sistem injector ·
Injector atau rangkaiannya tidak berfungsi ·
Kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor injector |
·
Mesin tidak dapat dihidupkan ·
Injector,pompa bahan bakar dan coil pengapian mati |
21 KEDIPAN |
Sensor O2(Oxigen Sensor) ·
Sensor O2 atau rangkaiannya tidak berfungsi ·
Kontak yang longgar atau tidak baik pada sensor O2 |
·
Mesin sulit dihidupkan ·
Bunyi letupan pada bagian knalpot |
29 KEDIPAN |
Rangkaian IACV (Intake Air
Control Valve) ·
IACV atau rangkaiannya tidak berfungsi ·
Kontak yang longgar atau tidak baik pada sensor IACV |
·
Mesin sulit dihidupkan,putaran stationer kasar ·
Boros bahan bakar |
33 KEDIPAN |
EEPROM ECM (Elektrically
Erasable Progammable Read Only Memory Engine Control Module ) ·
ECM atau rangkaiannya tidak berfungsi ·
Kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor ECM |
·
Mesin tidak dapat dihidupkan ·
Mesin sering mati |
52 KEDIPAN |
Sensor CKP (Cranshaft
Position) ·
Sensor CKP atau rangkaiannya tidak berfungsi ·
Kontak yang longgar atau tidak baik pada sensor CKP |
·
Mesin sering mati/sulit dihidupkan ·
Putaran stationer kasar ·
Motor bekerja dengan normal tetapi akselerasi kurang di semua
kecepatannya |
54 KEDIPAN |
Sensor BAS ( Bank Angle Sensor ) ·
Sensor bank angle atau rangkaiannya tidak berfungsi ·
Kontak yang longgar atau tidak baik pada sensor BAS |
·
Sensor bank angel tidak bekerja (mesin tetep hidup pada saat sepeda
motor jatuh) |
KODE KEDIPAN MIL SEPEDA MOTOR
Good
ReplyDelete